Kelebihan Dan Kekurangan Kursus Privat

kelebihan dan kekurangan kursus privat, manfaat dan kekurangan kursus privat

Sekolah memang merupakan hal penting yang wajib dilakukan bagi setiap anak untuk mendapatkan pendidikan yang terbaik. Dengan bersekolah, anak akan mendapatkan pengetahuan yang berguna untuk masa depannya. Namun, tidak semua anak dapat mengikuti pelajaran, mungkin mereka kurang paham dengan sebuah materi pelajaran karena faktor pengajar ataupun karena faktor kegaduhan yang terjadi di kelas, dll.

Terkadang, hal ini menjadi hal yang sangat dikhawatirkan oleh setiap orang tua. Banyak orang tua khawatir dengan nilai anaknya di sekolah, namun mereka sendiri pun tidak memiliki waktu untuk mengajarkan pelajaran sekolah. Oleh karena itu, banyak orang tua yang mendaftarkan anaknya untuk mengikuti kursus privat ataupun mengikuti bimbingan belajar (singkatannya bimbel) yang diselenggarakan oleh suatu badan institusi.

Studi menunjukkan bahwa dengan memberikan anak Anda bimbingan secara privat, nilai akademis sang anak dipercaya dapat meningkat secara drastis, seperti jika anak Anda selalu mendapatkan nilai 70, dengan les privat, nilai akademis anak Anda dapat melejit hingga nilai 90.

Apakah Anda juga sedang berpikir untuk mendaftarkan anak Anda dalam kursus privat? Jika Anda sedang mempertimbangkannya, berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan kursus privat.

Kelebihan kursus privat adalah sebagai berikut:

1. Lebih fokus

Keistimewan kursus privat terletak pada jumlah muridnya, dimana pembelajaran hanya dilakukan oleh 1 guru yang mengajari 1 atau sampai 5 murid. Ini adalah kelebihan yang tidak bisa Anda peroleh jika Anda berada di kursus biasa. Program di sekolah biasanya memiliki jumlah murid yang tergolong cukup banyak atau bahkan ada yang sangat banyak sehingga menimbulkan kegaduhan dan gangguan di kelas yang dapat merusak konsentrasi anak Anda.

Dengan kursus privat, guru privat pasti akan lebih fokus dalam mengajari sang anak. Guru dapat mengetahui cara belajar si anak dan menerapkannya setiap kali guru membimbingnya dalam belajar sehingga membuat anak Anda lebih berkonsentrasi dalam belajar.

2. Lebih memahami pelajaran

Kursus privat dapat membuat anak Anda lebih fokus dalam belajar. Dengan anak Anda dapat fokus belajar tentunya membuat anak Anda dapat belajar secara maksimal sehingga sang anak dapat mengerti dan memahami pelajaran dengan cepat. Anak dapat bertanya sesuka hati mereka tentang pelajaran yang belum mereka mengerti seperti misalnya, si anak tidak mengerti pelajaran geometri atau kalkulus dari awal, mereka dapat meminta sang guru privat untuk menjelaskannya kembali dari awal.

Hal ini sangat menguntungkan karena guru privat akan menyesuaikan pelajaran dengan kemampuan si anak. Berbeda halnya dengan kelas biasa, anak tidak akan bisa meminta mengulang sebuah pelajaran seenaknya karena guru harus terus mengajar sesuai dengan kurikulum sekolah. Anak juga dapat meminta bantuan dalam mengerjakan pekerjaan rumah mereka jika mereka tidak mengerti dalam cara mengerjakannya.

Selain materi pelajaran, guru privat juga akan memberikan tips-tips yang berguna yang dapat membantu anak Anda belajar, seperti bagaimana cara untuk merangkum sebuah pelajaran dengan menuliskan kata-kata kunci, strategi agar anak selalu fokus dalam kelas dan selalu memperhatikan guru, dll.

3. Menghemat waktu

Aktivitas anak pasti sangatlah padat dengan kegiatan ekstrakulikuler yang mereka ikuti, melakukan hobi yang mereka minati. Namun, jangan khawatir, Anda dapat menjadwalkan kursus anak Anda sesuka hati Anda sehingga waktunya bersifat fleksibel dan tidak akan mengganggu jadwal ekstrakulikuler atau pelajaran tambahan yang ada di sekolah.

Selain itu juga, Anda tidak perlu mengantar jemput buah hati Anda, karena pengajar akan datang ke rumah Anda. Anda juga tidak perlu khawatir akan kondisi lingkungan tempat kursus anak Anda karena anak akan tetap berada di lingkungan rumah yang aman dan nyaman.

Kekurangan kursus privat adalah sebagai berikut:

1. Biaya yang mahal

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa untuk mendapatkan guru privat yang berkualitas, Anda pun harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Harga kursus privat pasti akan lebih mahal daripada kursus biasa. Biaya yang cukup relatif mahal terkadang menjadi pertimbangan setiap orang tua sebelum mendaftarkan anaknya ke kursus privat.

2. Tidak dapat bersosialisasi

Kursus privat membuat anak Anda tidak dapat bersosialisasi dengan teman sebayanya yang sama-sama mengikuti kursus. Hal ini disebabkan karena anak hanya akan berinteraksi dengan guru privat saat kursus berlangsung. Banyak orang juga tidak setuju akan mendaftarkan anak mereka ke kursus privat karena mereka merasa bahwa guru privat akan memanjakan anaknya.

3. Guru kurang berkompeten

Guru-guru yang mengajar di kursus lembaga pastinya sudah terbukti bagus karena lembaga akan menyortir guru yang berkompeten untuk mengajar. Namun, jika kursus privat bersifat pribadi sehingga kita tidak terlalu mengetahui bibit, bebet dan bobot guru tersebut, sangat pentingnya bagi kita untuk menanyakan rekomendasi dari teman dan keluarga supaya guru privat yang terpilih untuk mengajari anak Anda memang berkualitas bagus.

Guru yang berkualitas juga bukan berarti guru yang sangat cerdas di bidangnya. Terkadang, guru yang cerdas lalai dalam mengajarkan dan mendisiplin anaknya. Namun sebaliknya, guru yang berkualitas tinggi dan berkompeten berarti guru yang cerdas di bidang mereka masing-masing dan juga tidak memanjakan anaknya. Mereka akan mengajari anak cara untuk disiplin dalam belajar serta tidak akan membuatkan pekerjaan rumah anaknya, tetapi membantu mereka dalam cara pengerjaannya.

Sekian keuntungan dan kekurangan dari kursus privat. Semoga postingan ini dapat mempermudah Anda dalam memilih kursus privat yang tepat bagi buah hati Anda.

Leave a comment