Bahaya Menggunakan High Heels

bahaya-menggunakan-high-heels

Sepatu hak tinggi atau yang lebih dikenal dengan sebutan “high heels” adalah jenis sepatu dengan hak yang menopang tumit kaki agar lebih tinggi. High heels biasanya dipakai oleh para wanita mulai dari remaja hingga dewasa. High Heels dirancang untuk memberikan kesan penampilan lebih tinggi dan lebih ramping serta membuat kaki wanita yang memakainya terlihat lebih kencang.

Beberapa wanita merasa lebih nyaman dan percaya diri ketika menggunakan sepatu hak tinggi. Tetapi, kebanyakan wanita setuju bahwa sepatu hak tinggi yang tidak nyaman dipakai dan tidak cocok dipakai saat di tempat kerja namun masih mereka terus memakainya karena di beberapa perusahaan mengharuskan karyawan wanitanya untuk menggunakan high heels.

Walaupun dengan menggunakan high heels Anda akan terlihat lebih tinggi dan menarik, perlu diketahui bahwa Sepatu hak tinggi memiliki pengaruh buruk bagi kesehatan dan kenyamanan Anda. Dalam postingan kali ini akan membahas apa saja bahaya dari penggunaan high heels. Mari kita simak dibawah ini!

1. Varises

Varises berasal berasal dari bahasa latin yang artinya pelebaran pembuluh vena (pembuluh balik). Varises dapat terjadi disebabkan karena penggunaan high heels memaksa kaki Anda untuk berada dalam posisi berjinjit. Ini lah yang mengakibatkan otot-otot betis dan tumit belakang menjadi tegang dan pembuluh darah bagian kaki menjadi tertekan sehingga tidak dapat dipompa naik sampai ke jantung.

2. Kerusakan pada kulit kaki

Kerusakan kulit kaki dapat dialami ketika menggunakan high heels. Ketika kaki Anda dipaksa untuk memakai high heels yang ujungnya meruncing sehingga jari kaki Anda terjepit dan juga harus menopang berat badan Anda. Hal ini dapat menyebabkan gesekan yang dapat membuat kaki Anda lecet, mata ikan atau kapalan. Bukan hanya itu, tumpuan yang berada pada ujung jari kaki akan menyebabkan jari kaki menjadi berkeringat dan menyebabkan tumbuhnya kuman, jamur dan bakteri.

3. Mengubah postur tubuh

Ketika Anda memakai high heels, punggung bagian bawah Anda menjadi lebih melengkung dari keadaan normal. Semakin tinggi high heels yang Anda pakai, membuat punggung bawah Anda melengkung. Jika Anda menghabiskan banyak waktu berjalan menggunakan sepatu hak tinggi, mungkin Anda tidak menyadari perubahan ini.

4. Keseleo

high-heels-menyebabkan-keseleo

Ketika Anda memakai sepatu yang rata atau flat shoes, berat badan Anda tersebar merata dari jari kaki sampai tumit untuk menopang berat badan Anda sehingga Anda merasa nyaman pada saat memakainya. Berbeda dengan high heels, menopang tumit kaki lebih tinggi yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan antara tumit dan jari kaki yang dipaksa untuk menjadi titik tumpu untuk menopang berat badan Anda. Keseimbangan tersebut dapat membuat Anda jatuh ketika saat berjalan yang dapat menyebabkan kaki Anda keseleo.

5. Memperpendek “tendon archilles”

Tendon archilles merupakan jenis jaringan lunak yang menghubungkan jaringan otot dengan tulang yang terletak pada bagian belakang tungkai kaki bagian bawah. Menurut Live Science, Wanita yang memakai sepatu hak tinggi dalam jangka waktu yang panjang dapat memperpendek tendon Achilles. Hal tersebut disebabkan oleh tumit kaki dalam posisi terangkat dapat membuat perubahan fisiologis pada otot dan tendon di sekitar pergelangan kaki.

Banyak sekali wanita yang rela berkorban untuk menahan ketidaknyamanan selama menggunakan high heels hanya semata untuk terlihat lebih menarik. Walaupun high heels dapat membuat Anda terlihat lebih tinggi dan menarik, namun dapat menggangung kenyamaan dan serta kesehatan Anda. Sebaiknya Anda memakai sepatu yang haknya tidak terlalu tinggi

Semoga dengan adanya postingan ini, dapat memberikan wawasan yang lebih luas mengenai bahaya dari penggunaan high heels.

Leave a comment